Home > Ulasan

Bagaimana Mengukur Gempa Bumi? SR Vs Magnitudo

Saat ini ilmuwan menyatakan magnitudo momen sebagai mekanisme tepat mengukur gempa bumi.
Mengukur kekuatan gempa. Foto: Antara

ANTARIKSA -- Gempa Turki berkekuatan 7,8 skala Richter menyebabkan kerusakan luas di seluruh Turki dan Suriah barat laut, Senin, 6 Februari 2023. Menurut kantor berita Reuter, gempa Turki merenggut nyawa lebih dari 2.000 orang dan melukai ribuan lainnya. Dari ukurannya, gempa Turki termasuk dalam kategori gempa besar.

Lalu, bagaimana cara menghitung ukuran gempa? Cabang ilmu yang berkaitan dengan studi gempa bumi dan peristiwa terkait dikenal sebagai seismologi. Seismograf atau seismometer adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi dan mengukur pergerakan tanah yang disebabkan oleh aktivitas seismik. Seismogram adalah rekaman pergerakan tanah.

Seismometer terdiri dari pena yang ditempelkan pada massa yang ditangguhkan yang - ketika tanah bergerak - akan bergerak karena kelembamannya dan merekam gerakan tersebut pada drum kertas yang berputar. Seismometer yang lebih canggih merekam gerakan tanah dalam tiga dimensi, yaitu atas dan bawah, timur ke barat, dan utara ke selatan. Ilmuwan menggunakan data ini untuk menghitung ukuran gempa, yang dikenal sebagai magnitudo.

Skala Richter mungkin cara yang paling terkenal untuk mengukur kekuatan gempa. Dikembangkan pada tahun 1935 oleh Charles F Richter, skala logaritmik ini dirancang untuk membandingkan ukuran gempa bumi di wilayah California.

Skala Richter berubah dari 1 menjadi 10, di mana satu peningkatan skala menyumbang peningkatan besaran 10 kali lipat. Magnitudo gempa berhubungan dengan amplitudo, jarak dari garis tengah ke puncak atau dasar palung, gelombang yang direkam oleh seismograf.

Salah satu masalah dengan teknik ini adalah amplitudo gelombang gempa tidak hanya dipengaruhi oleh gempa itu sendiri, tetapi juga oleh jarak antara seismometer dan pusat gempa, bahkan oleh jenis batuan yang dilalui gelombang tersebut. Dengan demikian, berbagai penyesuaian perlu dilakukan pada data seismometer untuk memperhitungkan variasi kondisi. Hal ini memungkinkan magnitudo yang dihitung sama, terlepas dari tempat pengukurannya.

Alasannya menurut USGS, semakin banyak seismometer dipasang di seluruh dunia, menjadi sangat sulit untuk menyesuaikan data agar cocok dengan skala Richter. Sebab, skala tersebut hanya berfungsi untuk rentang frekuensi dan jarak tertentu.

Karena itu, para ilmuwan menemukan skala baru yang dapat digunakan di seluruh dunia yang disebut magnitudo momen. Momen mengacu pada jumlah energi yang dilepaskan pada saat slip pada patahan, dikalikan dengan luas permukaan patahan yang terpengaruh. Itu dapat diperkirakan menggunakan seismometer dan terkait dengan total energi yang dilepaskan dalam gempa. Magnitudo momen disebut sebagai estimasi ukuran gempa yang paling andal.

Untuk diketahui, sekitar 20.000 gempa terjadi setiap tahun, yang setara dengan sekitar 55 gempa setiap hari. Untungnya, sebagian besar dari gempa tidak dirasakan sama sekali dan terlalu lemah untuk menyebabkan kerusakan.

Para ilmuwan memperkirakan sekitar 16 gempa bumi besar (dikategorikan sebagai berkekuatan 7 SR ke atas) per tahun. Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), dalam 40 hingga 50 tahun terakhir kita telah melampaui angka tersebut, dan pada tahun 2010 saja, terjadi 23 gempa bumi besar.

× Image