Home > Sejarah

Penculikan Lunik dan Meledakan Bulan: Rahasia CIA dan Militer AS 3

Niat utama menuklir bulan adalah membuat dunia terkesan dengan kehebatan Amerika Serikat.
Project Horizon summary. Gambar: US Army
Project Horizon summary. Gambar: US Army

ANTARIKSA -- Rahasia pemerintah dan militer Amerika Serikat (AS) bisa beragam, dari yang paling menakutkan, lucu, hingga yang benar-benar tidak masuk akal. Tetapi sebagian besar rahasia itu menarik untuk diketahui.

Artikel ini membahas tiga dari banyak program militer AS dan Central Intelligence Agency (CIA) yang sempat dirahasiakan. Mulai dari program kesombongan AS untuk membom permukaan bulan hingga penculikan satelit pertama yang mengorbit bulan milik Uni Soviet.

Proyek Horison

Sebelum Badan Antariksa AS (NASA) menempatkan astronot pertama di bulan pada tahun 1969, setidaknya dua organisasi militer AS telah menyusun rencana mendirikan pos terdepan militer bulan yang strategis. Pada tahun 1959, Angkatan Darat AS menyusun proposal untuk pangkalan 'militer berawak' di bulan.

"Proposal itu, yang diajukan oleh kepala penelitian dan pengembangan Angkatan Darat, dijuluki Project Horizon dan akan mengembangkan dan melindungi potensi kepentingan Amerika Serikat di bulan," tulis dokumen yang tidak diklasifikasikan.

Program lain, yang dikembangkan oleh Angkatan Udara AS, berupaya membangun Sistem Pengeboman Bumi Berbasis Bulan yang memenuhi persyaratan militer tertentu. Studi Angkatan Udara lainnya, yang ini diserahkan pada tahun 1959, melibatkan peledakan senjata nuklir di bulan.

Penelitian itu dipelopori oleh Leonard Reiffel, seorang fisikawan di Illinois Institute of Technology, dan juga termasuk kontribusi dari astrofisikawan Carl Sagan. Dalam wawancara tahun 2010 dengan The New York Times, Reifell mengatakan, niat utama peledakan nuklir adalah untuk membuat dunia terkesan dengan kehebatan Amerika Serikat.

Zona Diam Mapimi

Sebuah dokumen yang tidak diklasifikasikan dapat membantu menjernihkan beberapa legenda urban di salah satu jebakan turis paling aneh di Meksiko. Apa yang disebut Zona Senyap Mapimí adalah hamparan kecil gurun di Durango, Meksiko.

Menurut legenda setempat, gelombang radio tidak dapat ditransmisikan di wilayah itu. Sering dibandingkan dengan Segitiga Bermuda, Mapimí sering dikunjungi wisatawan yang mencari petualangan mistis dan misterius.

Tetapi alasan sebenarnya Mapimí sebagai lokasi yang tak biasa, tidak ada hubungannya dengan alien atau energi magis. Itu ada hubungannya dengan kesalahan besar Angkatan Udara AS. Pada tahun 1970, sebuah roket ATHENA V-123-D yang membawa dua botol kecil kobalt 57 (isotop radioaktif) jatuh di gurun Durango.

Menurut dokumen yang dibuka pada tahun 2013, roket itu seharusnya mendarat di New Mexico. Cerita lokal Mapimi kemungkinan besar muncul akibat kegagalan Angkatan Udara tersebut.

Terkait:

Piring Terbang dan Senjata Pengendali Pikiran: Rahasia CIA dan Militer AS 1

Memburu UFO dan Membajak Ilmuwan NAZI: Rahasia CIA dan Militer AS 2

Penculikan Lunik

Terkadang, dokumen yang tidak diklasifikasikan terbaca seperti adegan film James Bond. Itulah yang terjadi dengan dokumen ini, berjudul 'Penculikan Lunik'. Ini bercerita tentang misi yang dipimpin CIA untuk 'meminjam' satelit bulan Soviet hanya untuk satu malam.

Apa yang disebut penculikan terjadi pada awal 1960-an, pada puncak perlombaan antariksa AS-Soviet. Untuk diketahui, Soviet saat itu unggul di berbagai sisi dalam perlombaan antariksa. Untuk memperjelas mereka memenangkan perlombaan, Soviet meluncurkan pameran multinasional satelit Lunik mereka, pesawat ruang angkasa pertama yang mencapai bulan.

Suatu malam, agen CIA yang menyamar meyakinkan pengemudi truk yang mengangkut satelit dari kota ke kota untuk beristirahat di hotel terdekat. "dan meninggalkan satelit dalam perawatan mereka (agen menyamar)," ungkap dokumen tersebut. Mereka kemudian 'meminjam' pengorbit Soviet, membongkar dan memotret komponennya sebelum memasukkannya kembali ke truk. Menurut dokumen yang tidak diklasifikasikan, tidak ada indikasi bahwa Soviet mengetahui apa yang terjadi pada malam yang menentukan itu. Sumber: Live Science

Baca juga:

Militer AS Tembak Jatuh UFO di Atas Kanada

Astronom Temukan Planet Wolf, Kembaran Bumi Berpotensi Alien

Ketika Jutaan Orang Ingin Menyelamatkan Alien dari Area 51, Militer AS Siap 'Perang'

Fakta Area 51, Disebut Sarang UFO dan Alien

× Image