Home > Ulasan

Apakah Gerhana Matahari Berbahaya? Panduan Aman Melihat Gerhana Cincin Api

Pengamat harus bisa mengetahui kapan momen paling berbahaya saat gerhana matahari.
Urutan gerhana matahari cincin 2019. Gambar: goh keng cheong via Getty Images
Urutan gerhana matahari cincin 2019. Gambar: goh keng cheong via Getty Images

ANTARIKSA -- Gerhana matahari hibrida akan terjadi pada 20 April 2023. Sementara gerhana matahari total akan terjadi pada 8 April 2024, yang akan terlihat di seluruh Amerika Utara dan Tengah.

Lalu, apakah gerhana matahari berbahaya bagi manusia dan bumi? Ya, gerhana matahari akan berbahaya jika kita tidak mengamatinya dengan aman. Seberapa bahaya gerhana juga tergantung jenis gerhana matahari.

Jika itu gerhana matahari sebagian, jangan pernah melihat langsung matahari tanpa pelindung mata yang tepat. Untuk diketahui, gerhana matahari total atau cicin api akan dimulai dan diakhiri oleh gerhana sebagian.

Menurut para ahli, melihat langsung ke sinar matahari saat gerhana sebagian tidak akan aman karena mengandung sinar ultraviolet (UV) dan inframerah (IR) yang berbahaya. UV dan IR bisa merusak retina mata Anda, dan bahkan menyebabkan kebutaan. Baca: Apa itu Gerhana Matahari?

Kemudian, jangan pernah menggunakan kacamata hitam biasa untuk mengamati matahari. Satu-satunya cara aman untuk melihat matahari secara langsung adalah melalui filter matahari yang dirancang khusus. Gunakanlah kacamata gerhana matahari untuk melihat langsung, dan filter matahari jika menggunakan teleskop dan teropong.

Namun, jika itu telah masuk gerhana matahari total, akan aman untuk melepas pelindung mata. Terutama selama periode totalitas singkat, ketika semua Matahari terhalang dan menjadi gelap. Saat itu, Anda akan bisa melihat korona matahari!

Para ahli bahkan mengaku sedih ketika melihat seseorang memakai kacamata gerhana selama fase totalitas, meskipun kedua sisi totalitas adalah gerhana matahari sebagian yang harus sangat hati-hati. Tidak perlu panik tentang hal tersebut, karena sangat mudah mengetahui kapan fase totalitas akan terjadi. Saat hari menjadi gelap, maka sudah aman untuk melepas kacamata gerhana. Sumber: Space.com

Baca juga:

Indonesia akan Hadapi 90 Kali Gerhana Matahari, Begini Penjelasannya

Kenapa Pesawat NASA tak Meleleh Saat Menyentuh Matahari?

Mengenal Fusi Nuklir, Sumber Cahaya Matahari

Mengenal HAARP Militer AS yang Dituding Penyebab Gempa Turki

HAARP AS Penyebab Gempa Turki? Huge Chavez dan Pakar Konspirasi Pernah Mengingatkan Itu

Dikaitkan dengan Gempa Turki, HAARP AS akan Melaser Planet Jupiter

× Image