Home > Ulasan

Mana yang Lebih Dulu, Telur atau Ayam? Kesepakatan Ilmuwan dan Filsuf

Ayam yang kita kenal sekarang ternyata lebih dulu ada dari telurnya.
Mana yang lebih dulu, ayam atau telurnya? Gambar: RubberBall Productions melalui Getty Images
Mana yang lebih dulu, ayam atau telurnya? Gambar: RubberBall Productions melalui Getty Images

ANTARIKSA -- Sebagian besar ahli biologi akan menjawab dengan percaya diri ketika ditanya mana yang lebih dulu, ayam atau telur? Namun jawabannya mungkin bergantung pada jenis telur yang ditanyakan.

Ini adalah teka-teki kuno yang sering mengemuka di seluruh dunia, "Mana yang lebih dulu: ayam atau telur?" Secara metaforis, pertanyaan itu adalah meditasi panjang menentukan penyebab dari siklus kehidupan. Secara harfiah, itu adalah pertanyaan bagus bagi ahli biologi evolusi.

Ayam berasal dari telur, tetapi telur berasal dari ayam. Jadi mana yang lebih dulu?

Sebagian besar ahli biologi menyatakan dengan tegas bahwa telur datang lebih dulu. Pada tingkat paling dasar, telur hanyalah sel kelamin betina. Telur luar yang keras dan dapat diletakkan di darat adalah pengubah permainan bagi vertebrata.

Telur berkerak ini disebut telur ketuban.

"Telur adalah langkah penting dalam evolusi (vertebrata), karena memungkinkan amnion pergi semakin jauh dari air," kata ahli paleontologi di Institut Ilmu Pengetahuan Alam Kerajaan Belgia, Koen Stein. Amnion adalah membran janin yang paling dalam.

Sebelum kemunculan telur bercangkang keras sarat dengan kuning telur yang bergizi, vertebrata harus bergantung pada air untuk bereproduksi. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology, burung pertama muncul dalam catatan fosil pada pertengahan hingga akhir era Jurassic, sekitar 165 juta hingga 150 juta tahun yang lalu.

Tetapi para ilmuwan di Pusat Keanekaragaman Hayati Universitas Texas menyatakan, telur bercangkang pertama berevolusi jauh sebelum itu, yaitu sekitar 325 juta tahun yang lalu. "Artinya, telur datang jauh sebelum ayam," kata Stein. Telur pertama ini kemungkinan lunak dan teksturnya kasar, seperti telur reptil saat ini.

Ada banyak vertebrata darat yang bertelur ketuban pada periode Karbon, Permian, dan Trias, tetapi hewan yang paling terkenal adalah dinosaurus. Stein telah mempelajari beberapa cangkang telur dinosaurus paling awal yang diketahui, yang berasal dari periode Jurasik awal sekitar 200 juta tahun lalu. Telur-telur itu memiliki cangkang luar yang sangat tipis, tebalnya hanya sekitar 100 mikron atau setebal rambut manusia. Namun, berdasarkan strukturnya, telur dinosaurus awal itu tidak fleksibel, melainkan kaku seperti yang kita kenal sekarang, sehingga dijadikan contoh telur paling awal.

Ketipisan telur mungkin menjelaskan mengapa para peneliti kesulitan menemukan contoh cangkang telur era itu. Saat telur bertemu dengan tanah yang kaya dan asam, ia mulai larut perlahan. "Tanah akan membuat lapisan kapur yang tipis tidak mungkin terawetkan," kata Stein. Gagasan lain adalah, telur dinosaurus purba bercangkang lunak, sehingga tidak terawetkan dengan baik dalam catatan fosil. Hal itu dijelaskan dalam sebuah penelitian tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Nature.

Jadi, telur pasti lebih tua dari ayam dan kasus ditutup? Yah, tidak cukup. Jika kita berbicara tentang telur ayam pertama, ceritanya akan berubah.

Ayam lebih dulu dari telur

Ayam (Gallus gallus domesticus) kemungkinan besar berevolusi dari subspesies ayam hutan merah (Gallus gallus) sekitar 50 juta tahun yang lalu.

Menurut sebuah artikel penelitian tahun 2022 yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, manusia yang hidup di Asia Tenggara pertama kali memelihara burung ayam itu antara 1650 SM dan 1250 SM.

Di beberapa titik selama proses domestikasi di Asia, nenek moyang terakhir ayam modern bertelur, yang mengandung embrio dengan perbedaan genetik yang cukup untuk membuatnya berbeda dari spesies induknya. Embrio ayam ini akan berkembang dalam telur yang masih bukan sepenuhnya ayam sebelum menetas. Kemudian, setelah mencapai usia dewasa, ia akan bertelur ayam pertama. Dengan cara ini, ayam bisa dikatakan mendahului telur ayam.

Tapi sejarah evolusi tidak langsung. Ada bukti bahwa ayam kawin silang dengan subspesies unggas hutan lainnya, bahkan setelah menjadi subspesies mereka sendiri yang berbeda secara genetik. Beberapa ciri-ciri ini terlihat pada ras ayam modern tertentu. Terlebih, menurut University of Wisconsin-Madison,

domestikasi ayam tampaknya telah terjadi beberapa kali secara terpisah di beberapa bagian India dan Oseania selama beberapa ribu tahun. Jadi, menentukan ayam mana yang asli bisa jadi rumit.

Terlepas dari mana yang lebih dulu, ahli biologi dan filsuf setuju bahwa ayam dan telur memiliki kesamaan yang penting: Keduanya enak. Sumber: Live Science

× Image