Home > Ulasan

TON 618, Lubang Besar Terbesar yang Diketahui, Besarnya 40 Miliar Kali Matahari!

TON 618 memiliki radius lebih dari 1.000 unit astronomi (AU).
Ilustrasi lubang hitam supermasif (NASA)
Ilustrasi lubang hitam supermasif (NASA)

ANTARIKSA -- Lubang hitam adalah objek yang sangat misterius di alam semesta. Ilmuwan terus menerus meneliti untuk menyibak misteri lubang hitam.

Lubang hitam merupakan salah satu objek tunggal paling masif di luar angkasa. Tapi, sebesar apa lubang hitam terbesar yang bisa dideteksi oleh manusia?

Ternyata ada batasan teoretis untuk ukuran lubang hitam. Dilansir dari Live science, lubang hitam adalah benda langit yang sangat masif. Bahkan, cahaya pun tidak dapat menghindarinya.

Lubang hitam terbesar yang diamati langsung dengan massa terkonfirmasi diberi nama TON 618. Monster ini beratnya kira-kira 40 miliar massa matahari. Wow!

TON 618 memiliki radius lebih dari 1.000 unit astronomi (AU). Satu AU adalah jarak Bumi ke Matahari. Radius TON 618 artinya jika lubang hitam ditempatkan di pusat tata surya, saat Anda mencapai Pluto, jarak Anda kurang dari 5 persen dari jaraknya. Besar sekali.

TON 618 terletak sekitar 18,2 miliar tahun cahaya dari Bumi. Di langit malam, lubang hitam ini berada di perbatasan antara konstelasi Canes Venatici dan Coma Berenices.

Para astronom pertama kali melihat monster lubang hitam ini dalam survei tahun 1957 dari Observatorium Tonantzintla di Meksiko. Pada awalnya para ilmuwan tidak menyadari apa itu.

Awalnya ilmuwan mengira itu adalah bintang biru redup. Namun, pengamatan satu dekade kemudian mengungkapkan bahwa para astronom telah melihat sekilas radiasi kuat dari materi yang jatuh ke dalam lubang hitam raksasa. Radiasi itu disebut quasar.

TON 618 memberi daya pada quasar, salah satu objek paling terang di seluruh alam semesta dengan kekuatan penerangan 140 triliun matahari. Quasar menarik cahaya dari energi gravitasi pusat lubang hitam. Materi di sekitar lubang hitam jatuh. Pada saat itu, materi memadat dan memanas, melepaskan radiasi dalam jumlah besar.

Quasar sangat jauh sehingga hanya muncul sebagai titik redup cahaya tampak bahkan di teleskop paling kuat sekalipun. Para astronom pertama kali mendeteksi quasar ini melalui emisi radionya yang kuat.

Bagaimana ilmuwan menentukan ukuran lubang hitam?

Lubang hitam supermasif menjadi sangat besar melalui kombinasi penggabungan dengan lubang hitam lain dan terus-menerus memakan materi di sekitarnya. Tingkat 'makan' inilah yang menentukan batas ukuran lubang hitam.

Para astronom dapat memperkirakan massa maksimum sebuah lubang hitam dengan mengambil 'tingkat makan' itu dan mengalikannya dengan usia alam semesta yang diketahui. Dari perhitungan bisa memberikan perkiraan massa maksimum sekitar 40 miliar massa matahari.

× Image