Home > Sejarah

Sejarah Hari Ini: Angkatan Darat AS Meluncurkan Satelit Explorer 3

Explorer 3 hampir identik dengan Explorer 1, satelit pertama yang diluncurkan AS.
Pada 26 Maret 1958, Amerika Serikat meluncurkan roket Juno I dari Cape Canaveral, Florida membawa satelit Explorer 3 ke orbit eksentrik.
Pada 26 Maret 1958, Amerika Serikat meluncurkan roket Juno I dari Cape Canaveral, Florida membawa satelit Explorer 3 ke orbit eksentrik.

ANTARIKSA -- Pada 26 Maret 1958, Amerika Serikat meluncurkan satelit ketiganya ke luar angkasa. Explorer 3 hampir identik dengan Explorer 1, satelit pertama yang diluncurkan AS.

Explorer 3 adalah peluncuran sukses pertama dalam serinya setelah Explorer 1. Explorer 3 diluncurkan dengan roket Juno I dari Cape Canaveral, Florida dan memasuki orbit eksentrik. Artinya, ia mengikuti jalur elips yang panjang mengelilingi Bumi.

Muatan Explorer 3 termasuk instrumen penghitung sinar kosmik dan detektor mikrometeorit. Data dari Explorer 3 dan Explorer 1 mengarah pada penemuan sabuk radiasi Van Allen. Baca: Sejarah Hari Ini: Huygens Menemukan Titan, Bulan Terbesar di Saturnus.

Sabuk radiasi Van Allen adalah wilayah di sekitar Bumi tempat partikel bermuatan dari matahari terperangkap oleh medan magnet Bumi. Explorer 3 menghabiskan 93 hari mengorbit Bumi sebelum menjadi sampah luar angkasa. Sumber: Space.com

Klik untuk artikel Sejarah Hari Ini lainnya.

× Image