Home > Ulasan

Memburu Lailatul Qadar, Peristwa Langit Malam Ini 4 April 2023

Allah SWT tidak menjelaskan kapan tepatnya Lailatil Qadr itu akan nampak di malam Ramadhan.
Gambar: Chris Vaughan Starry Night
Gambar: Chris Vaughan Starry Night

ANTARIKSA -- Langit malam ketika cerah menawarkan tampilan objek menarik yang selalu berubah. Anda dapat melihat bintang dan konstelasi hingga planet terang, bulan, dan terkadang peristiwa khusus seperti hujan meteor. Namun selama bulan suci Ramadhan, ada satu malam yang spesial bagi umat manusia, khususnya Muslim, yaitu malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar merupakan malam kemuliaan karena pada malam itu, Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Kemuliaan malam Lailatul Qadar diabadikan dengan besarnya nilai ganjaran pada malam itu. Sebagaimana firman Allah dalam surat Alqadr:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alqur'an) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar."

Betapa mulianya Lailatul Qadr, Allah meminta hamba-Nya untuk berlomba-lomba mengerjakan amal kebaikan di malam itu. Namun Allah tidak serta merta menjelaskan kapan tepatnya Lailatil Qadr itu akan nampak. Ketidakpastian kapan jatuhnya Lailatul Qadar ini justru membuat manusia terus beribadah setiap malam dengan harapan bertemu dengan malam kemuliaan itu. Karena itu, penting juga melihat apa yang terjadi pada langit malam selama Ramadhan 1444 Hijriah menurut sains.

Selasa 4 April 2023: Segitiga Musim Dingin

Bagian bawah langit selatan dan barat pada malam awal April didominasi oleh tiga bintang Segitiga Musim Dingin. Asterisme yang menonjol, terlihat saat bulan terang bersinar pada Selasa malam, 4 April 2023, berlabuh di dasar bintang Sirius atau Alpha Canis Majoris berkekuatan -1,45, bintang paling terang di langit malam.

Di atas Sirius yang bersinar putih, terdapat bintang Procyon berkekuatan 0,34 atau Alpha Canis Minoris. Titik ketiga, barat laut ditempati oleh bintang Betelgeuse atau Alpha Orionis yang kemerahan dan berkekuatan 0,50.

Segitiga Musim Dingin pertama kali muncul di sore hari selama bulan November. Pada akhir April, itu akan menghilang ke senja barat setelah matahari terbenam.

Ikuti informasi menarik terbaru lainnya di antariksa dengan klik Suscribe.

Kronologi mulai malam 1 April 2023

Pada akhir Maret, gerakan orbit Mars ke arah timur membawanya sangat dekat dengan gugus bintang terbuka yang besar dan menonjol bernama Messier 35, NGC 2168, dan Gugus Gesper Sepatu. Pada Sabtu malam, 1 April 2023, teropong atau teleskop dengan lensa mata pembesaran rendah akan menunjukkan Mars masih bersinar selebar ibu jari di atas bintang-bintang gugus tersebut. Bintang barat Gemini Tejat Posterior, Tejat Prior, dan 1 Geminorum akan bersinar di dekatnya. Sumber: Space.com/pusat data republika

× Image