Home > News

Fase Bulan Malam Ini, 5 April 2023: Menuju Bulan Purnama

Lihat penampakan fase bulan malam ini dan fase bulan lainnya untuk tahun 2023.
Fase bulan April 2023 dan tanggalnya. Gambar: NASA/JPL-Caltech
Fase bulan April 2023 dan tanggalnya. Gambar: NASA/JPL-Caltech

ANTARIKSA -- Hari ini, 5 April 2023, bulan berusia 15 hari dan saat ini sedang mendekati fase Bulan Purnama dari siklus bulannya. Bulan malam ini 99 persen menyala.

Pada April 2023, fase bulan terjadi pada hari-hari berikut:

Bulan Purnama: 6 April

Kuartal Terakhir: 13 April

Bulan Baru: 20 April

Kuartal Pertama: 27 April

Fase bulan mengungkapkan berlalunya waktu di langit malam. Beberapa malam ketika kita melihat ke bulan, dia tampak penuh dan cerah, terkadang hanya secercah cahaya keperakan. Perubahan penampilan ini disebut fase bulan. Saat bulan mengorbit Bumi, ia berputar melalui delapan fase berbeda.

Empat fase utama bulan terjadi sekitar setiap satu pekan, dengan bulan purnama merupakan tahap yang paling mempesona.

Penampakan Bulan Malam Ini

Penampakan bulan malam ini, 5 April 2023. Bulan sedang menuju purnama.
Penampakan bulan malam ini, 5 April 2023. Bulan sedang menuju purnama.

Meskipun bulan memiliki empat fase berbeda setiap bulan, ia selalu berubah. Saat Anda mengamati bulan selama satu bulan, perhatikan saat ia tumbuh dari bulan baru ke bulan seperempat pertama. Saat tumbuh, ia dikenal sebagai bulan yang membesar, dan berangsur-angsur meningkat dari bulan sabit yang mengembang menuju bentuknya bulan seperempat pertama. Saat ia terus bersinar, ia mengambil bentuk lonjong, atau 'gibbous', sampai mencapai tahap bulan purnama.

Bulan akan mengulangi langkah-langkah itu secara terbalik saat kembali ke bulan baru. Anda dapat melihat fase bulan hari ini di sini dengan widget tersemat di halaman ini, milik In-The-Sky.org. Sumber: Space.com

× Image