Home > News

Bulan yang Anggun Menerangi Langit Indonesia Malam Ini, Purnama Pink Moon

Di wilayah Indonesia bagian barat, Kota Jakarta dan sekitarnya, bulan purnama yang anggun dan cantik terbit dari timur.
Bulan purnama April. Gambar: NASA
Bulan purnama April. Gambar: NASA

ANTARIKSA -- Hari ini, 6 April 2023 , bulan berusia 16 hari dan saat ini sedang dalam fase Bulan Purnama berdasarkan siklus bulannya. Bulan malam ini 99 persen menyala. Pada April 2023, empat fase utama bulan terjadi pada hari-hari berikut:

Bulan Purnama: 6 April

Kuartal Terakhir: 13 April

Bulan Baru: 20 April

Kuartal Pertama: 27 April

Di wilayah Indonesia bagian barat, Kota Jakarta dan sekitarnya, bulan purnama yang anggun dan cantik terbit dari timur. Dinamakan bulan purnama April atau Bulan Purnama Merah Muda atau Pink Moon, kemegahan bulan muncul cukup indah dari remang yang berawan sekitar pukul 19.00 WIB. Maklum, langit malam di sekitaran Jakarta sedikit mendung.

Meski begitu, Anda yang telah selesai melaksanakan shalat taraweh dan witir bisa mengintip sejenak ke langit timur. Bulan yang cantik akan tersenyum di sudut 90 derajat sekitar pukul 20.30 WIB.

Mengutip Space.com, Bulan purnama adalah titik di mana seluruh wajah bulan diterangi oleh matahari seperti yang terlihat dari Bumi.

"Ini sedekat kita melihat bayangan matahari sepanjang sisi bulan (jadi, secara teknis, ini akan menjadi setengah bulan yang sebenarnya)," kata NASA dalam panduan bulannya.

"Bulan berseberangan dengan matahari, jika dilihat dari Bumi, memperlihatkan sisi siang bulan."

Bulan purnama sebenarnya tampak penuh sebelum mencapai fase terakhirnya. Bulan tampak penuh bagi siapapun dengan mata telanjang. Bulan malam ini sebenarnya jam-jam terakhir fase bulan purnama April. Ia akan tetap anggun selama beberapa hari sebelum dan sesudah tanggal 6 April.

"Bulan purnama terbit sekitar matahari terbenam dan terbenam sekitar matahari terbit," tulis NASA.

Apa Itu Fase Bulan?

Bulan, seperti Bumi, adalah sebuah bola, dan selalu setengahnya diterangi oleh sinar matahari. Saat bulan bergerak mengelilingi Bumi, kita bisa melihat penuh permukaan yang diterangi, dan di waktu yang lain hanya sedikit bagian saja yang terlihat.

Fase bulan menggambarkan seberapa banyak piringan bulan yang diterangi matahari dari sudut pandang kita di bumi. Tentu saja, fase bulan mengungkapkan berlalunya waktu di langit malam. Perubahan penampilan bulan inilah yang disebut fase bulan.

Saat bulan mengorbit Bumi, ia berputar melalui delapan fase berbeda. Empat fase utama bulan terjadi sekitar setiap satu pekan, dengan bulan purnama merupakan tahap yang paling mempesona. Baca: Delapan Fase Bulan dan Kronologinya.

Klik di sini untuk menemukan Semua informasi tentang Bulan.

Baca juga:

Mengapa Sisi Lain Bulan tak Pernah Menghadap Bumi?

Pink Moon akan Menemani Sahur Malam Ini, Apa Itu Bulan Purnama Merah Muda?

× Image