Home > Sejarah

Sejarah Hari Ini: Yuri Gagarin Menjadi Manusia Pertama di Luar Angkasa

Kosmonot Soviet pertama itu melepaskan diri dari pesawat luar angkasa dan mendarat dengan terjun payung.
Pilot Rusia Yuri Gagarin menjadi manusia pertama di luar angksa dan mengorbit Bumi pada 12 April 1961. Gambar: NASA
Pilot Rusia Yuri Gagarin menjadi manusia pertama di luar angksa dan mengorbit Bumi pada 12 April 1961. Gambar: NASA

ANTARIKSA -- Pada 12 April 1961, seorang manusia pergi ke luar angkasa untuk pertama kalinya. Yuri Gagarin adalah kosmonot Uni Soviet pertama sekaligus orang pertama yang mengorbit Bumi.

Penerbangan Yuri Gagarin adalah langkah besar berikutnya Uni Soviet dalam perlombaan luar angkasa. Sebelumnya, Uni Soviet mengangkangi Amerika Serikat dengan meluncurkan satelit pertama, Sputnik pada tahun 1957. Misi Yuri Gagarin yang disebut Vostok 1, melibatkan roket Vostok dan kapsul ruang angkasa Vostok.

Gagarin lepas landas dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan dan mencapai ketinggian sekitar 200 mil. Dia mengorbit Bumi satu kali sebelum modul reentry-nya terpisah dan jatuh ke Bumi. Dalam peristiwa yang menegangkan itu, Gagarin melepaskan diri dari pesawat ruang angkasa dan meluncur keluar.

Gagarin kemudian melepas parasut dan dengan aman mendarat ke Bumi dengan terjun payung. Baik Gagarin maupun pesawat luar angkasanya mendarat sekitar 1.700 mil di sebelah barat lokasi pendaratan yang direncanakan. Bukan misi yang mudah karena dia memulai apa yang saat ini dilakukan antariksawan. Sumber: Space.com

× Image