Home > News

Peluncuran Pesawat Pencari Alien, JUICE ESA Terhalang Sambaran Petir

JUICE hanya memiliki satu detik kesempatan untuk memasuki orbit pada setiap hari.
Belum berangkat. Roket Ariane 5 Eropa dengan Penjelajah Bulan es Jupiter, JUICE akan tetap berada di landasan peluncurannya di Kourou, Guyana Prancis, setidaknya satu hari lagi. Gambar: ESA/CNES/Arianespace/ Optique Video du CSG/S.Martin.
Belum berangkat. Roket Ariane 5 Eropa dengan Penjelajah Bulan es Jupiter, JUICE akan tetap berada di landasan peluncurannya di Kourou, Guyana Prancis, setidaknya satu hari lagi. Gambar: ESA/CNES/Arianespace/ Optique Video du CSG/S.Martin.

ANTARIKSA -- Pesawat penjelajah Jupiter milik Badan Antariksa Eropa (ESA) harus menunggu setidaknya satu hari lebih lama untuk peluncurannya. Misi pesawat antariksa Jupiter Icy Moons Explorer (JUICE) melewatkan jendela peluncuran pertamanya satu detik pada Kamis, 13 April 2023, karena cuaca buruk di pelabuhan antariksa Eropa, Kourou, Guyana Prancis.

Namun, penyedia peluncuran Arianespace akan mencoba meluncurkannya lagi pada hari Jumat, 14 April pukul 8:14 EDT atau pukul 19.14 WIB pada Sabtu, 15 April 2023.

Pada Kamis, Arianespace menghentikan urutan pra-peluncuran sekitar sepuluh menit sebelum lepas landas yang dijadwalkan pukul 08:15 EDT atau 19.15 WIB tadi. Alasannya, karena risiko sambaran petir di lokasi peluncuran.

Arianespace mengatakan, baik roket maupun pesawat JUICE ESA, berada dalam kondisi aman dan stabil. "Itu bagian dari bisnis kami dan yang penting adalah untuk lepas landas, Anda harus memastikan bahwa semua parameternya ramah lingkungan," kata CEO Arianespace, Stephane Israel dalam siaran langsung ESA.

"Peluncurnya baik-baik saja, JUICE baik-baik saja, tetapi pemeriksaan terakhir pada cuaca tidak baik-baik saja. Anda memiliki dua alasan terkait cuaca untuk tidak lepas landas, angin di ketinggian dan risiko pencahayaan. Angin di ketinggian baik-baik saja, tapi ada risiko petir."

Peluncuran JUICE agak aneh karena pesawat ruang angkasa membutuhkan roket untuk memasukkannya ke orbit yang sangat tepat mengelilingi matahari. Kemudian orbit akan mengayunkan misi kembali ke Bumi untuk manuver bantuan gravitasi yang unik tahun depan. Ini untuk pertama kalinya dalam sejarah penerbangan luar angkasa, memanfaatkan gravitasi Bumi dan bulannya pada saat yang sama, untuk mendorong JUICE di jalur menuju Jupiter.

Karena alasan ini, misi hanya memiliki jendela peluncuran satu detik hari Kamis dan itu telah terlewatkan. Namun untungnya, jendela peluncuran satu detik lainnya akan dibuka pada hari Jumat dan akan ada peluang lebih lanjut setiap hari hingga akhir bulan ini.

"Kami akan kembali besok pagi, bertujuan untuk lepas landas satu menit lebih awal dari hari ini," kata Israel.

JUICE adalah misi pertama Eropa ke sistem Jupiter, yang bertujuan untuk menjelajahi tiga bulan utama planet gas raksasa: Ganymede, Callisto, dan Europa. Tentu saja, robot dari Bumi itu akan mencari jejak kehidupan alien di negeri jauh itu. Pesawat ruang angkasa itu akan memakan waktu delapan tahun untuk mencapai tujuannya, membuat terbang lintas tambahan di Venus dan Bumi untuk meluncur ke tata surya luar, tempat tinggal sang Jupiter.

Sasaran sains utama JUICE adalah bulan terbesar Jupiter sekaligus terbesar di tata surya, Ganymede. Jika semuanya berjalan lancar, wahana itu akan memasuki orbit langsung di sekitar Ganymede tiga tahun setelah kedatangannya di Jupiter. Dengan demikian, JUICE akan menjadi pesawat ruang angkasa pertama dalam sejarah yang mengorbit bulan selain bulan milik Bumi kita.

JUICE akan meluncur ke luar angkasa di atas roket Ariane 5 yang telah dicoba dan diuji di Eropa. Ariane 5 pada Desember 2021 berhasil meluncurkan Teleskop Luar Angkasa James Webb yang terkenal. Peluncuran itu mendapat pujian karena dilakukan dengan sangat tepat sehingga teleskop tidak perlu menggunakan bahan bakarnya sendiri untuk memperbaiki lintasan ke tujuannya. Menghemat bahan bakar selama perjalanan berarti Webb akan dapat beroperasi lebih lama dari perkiraan semula.

Peluncuran JUICE akan menjadi peluncuran kedua terakhir untuk Ariane 5 karena akan pensiun akhir tahun ini. Setelah 30 tahun beroperasi, ia akan digantikan oleh Ariane 6 Eropa yang baru. Ariane 6 masih menunggu peluncuran debutnya akhir tahun ini.

JUICE akan mengorbit Jupiter bersamaan dengan misi Europa Clipper dari NASA. Bersama-sama, kedua pesawat ruang angkasa itu akan mencoba mencari tahu apakah kondisi kehidupan mungkin ada di bulan-bulan Jupiter yang tertutup es. Bulan-bulan itu diyakini memiliki lautan air cair di bawah permukaannya yang luas. Sumber: Space.com

× Image