Home > News

Bulan Baru Membawa Gerhana Matahari Hibrida dan Mengakhiri Ramadhan

Bulan baru akan terjadi pada pukul 12.13 EDT pada 20 April atau 11.13 WIB.
Bulan sabit muncul di atas kota Basra di Irak selatan pada hari pertama bulan suci Ramadhan, 23 Maret 2023 waktu setempat. Gambar: HUSSEIN FALEH/AFP via Getty Images
Bulan sabit muncul di atas kota Basra di Irak selatan pada hari pertama bulan suci Ramadhan, 23 Maret 2023 waktu setempat. Gambar: HUSSEIN FALEH/AFP via Getty Images

ANTARIKSA -- Situs pemeberitaan luar angkasa, Space.com mengangkat tema yang berbeda kali ini. Mereka membahas penentuan awal dan akhir bulan suci Ramadhan dan kapan Shalat Idul Fitri dilaksanakan. Berikut isi artikel yang diberi judul, 'April new moon brings rare hybrid eclipse and ends Ramadan tonight':

Fase bulan baru menandakan titik dalam siklus bulan selama 29,5 hari ketika bulan melintas dekat dengan matahari dan ditelan oleh cahayanya. Menurut In The Sky, Bumi, bulan, dan matahari sejajar dalam garis lurus kasar selama bulan baru, dengan bulan di tengah muncul di depan matahari.

Jadi, semua cahaya dari bintang kita bersinar di sisi jauh bulan, yang berarti wajah bulan yang kita lihat dari Bumi hampir sepenuhnya gelap. Selama beberapa hari mendatang, sinar matahari akan mulai merayap melintasi permukaan bulan lagi dengan tidak lebih dari seberkas cahaya tipis yang muncul di tepi bulan, selama fase bulan sabit yang membesar.

Bulan baru juga terkenal karena selama fase ini, bulan terbit dan terbenam pada waktu yang mirip dengan matahari, yang berarti hampir tidak muncul sama sekali pada malam hari. Pada tanggal 20 April dari New York City, bulan akan mencapai fase bulan baru tepat setelah tengah malam pukul 00:13 EDT (sebelumnya 00.12) atau pukul 11.13 WIB.

Museum Royal Greenwich menjelaskan, selama ribuan tahun sebelum ditemukannya alat pengatur waktu, nenek moyang kita menggunakan siklus bulan untuk menjaga waktu. Kalender Islam dibuat dengan cara ini dan merupakan kalender 'visibilitas bulan' yang menggunakan fase bulan baru yang benar-benar gelap untuk menandakan akhir bulan. Bulan baru dimulai dalam kalender Islam ketika cahaya pertama terlihat di permukaan bulan setelah bulan baru.

“Pada tanggal 29 setiap bulan kalender Islam, umat Islam keluar setelah matahari terbenam mencari bulan,” jelas direktur New Crescent Society, Imad Ahmed kepada Space.com, Rabu, 19 April 2023.

“Bila bisa melihat hilal pada tanggal 29, maka bulan itu ada 29 hari. Kalau tidak bisa, berarti bulan itu ada 30 hari. Makanya, misalnya di tahun-tahun tertentu Ramadhan ada 29 hari dan di tahun-tahun lain ada 30 hari."

Awal bulan menandai dimulainya Ramadhan, tetapi fakta bahwa ini didasarkan pada kemampuan untuk melihat bulan sabit yang tipis ini, berarti dimulainya Ramadhan bisa berbeda di beberapa wilayah dunia, daripada yang lain. Hal yang sama akan berlaku untuk akhir Ramadhan. Beberapa wilayah di dunia akan melihat Ramadan berakhir ketika bulan benar-benar gelap pada Kamis, 20 April 2023, tetapi di wilayah lain di planet ini, hal ini akan terjadi sehari kemudian pada hari Jumat, 21 April 2023.

"Beberapa Muslim secara ketat mengikuti perhitungan (hisab), sementara yang lain mengikuti penampakan bulan, dan beberapa mengikuti kombinasi keduanya," kata Massachusetts Institute of Technology di situs Division of Student Life dalam sebuah penjelasan.

"Apa yang Muslim pilih untuk diikuti bisa bergantung pada keyakinan agama mereka, di mana mereka tinggal di dunia, dan apa yang dipraktikkan keluarga mereka."

Sehari setelah akhir Ramadhan, ditandai dengan hari raya keagamaan Islam yang disebut Idul Fitri. Bulan baru April dan awal siklus bulan baru ini juga terkenal karena terjadi setelah peristiwa langit yang langka dan luar biasa yang disebut gerhana matahari hibrida.

Bentuk gerhana ini tidak biasa karena melihat bulan menghalangi cahaya matahari, tetapi bergeser antara gerhana matahari total ke gerhana annular berbentuk cincin tergantung pada titik pandang seseorang.

Begitulah isu Ramadhan dan Idul Fitri umat Islam saat ini menjadi perhatian umat Manusia di dunia. Sumber: Space.com

Baca juga:

Kapan 1 Syawal Idul Fitri Menurut Kalender Antariksa?

Gerhana Matahari Hibrida 20 April 2023: Waktu, Lokasi, dan Link Satelit BMKG

Usai Gerhana Matahari 20 April 2023, Starship SpaceX akan Mengitari Bumi

Saat Gerhana Matahari 20 April 2023, Satelit NASA akan Jatuh Menghujam Bumi

Fase Bulan: Bulan Baru, Idul Fitri, dan Gerhana Matahari Hibrida

Apa Itu Fase Bulan? Penampakan Bulan di Langit Malam

Ikuti ulasan lainnya dari Antariksa dengan subscribe di sini.

× Image