Home > Ulasan

Lama Perjalanan ke Mars 9 Bulan, Tapi Ada Opsi Hanya 16 Hari

Terknologi kecepatan yang dimiliki Parker Solar Probe akan mampu mengantar kita ke Mars dalam waktu kurang dari 20 hari.
Planet Mars. Gambar: NASA
Planet Mars. Gambar: NASA

ANTARIKSA -- Jika Anda ingin melakukan perjalanan ke Mars, berapa lama waktu yang dibutuhkan? Jawabannya bergantung pada beberapa faktor, mulai dari posisi planet hingga teknologi yang akan mendorong Anda ke sana.

Menurut NASA, perjalanan satu arah ke Mars akan memakan waktu sekitar sembilan bulan. Jika Anda ingin melakukan perjalanan pulang-pergi, semuanya akan memakan waktu sekitar 21 bulan karena Anda harus menunggu sekitar tiga bulan di Mars untuk memastikan Bumi dan Mars berada di lokasi yang sesuai untuk melakukan perjalanan pulang.

Mars adalah planet keempat dari matahari, dan yang kedua paling dekat dengan Bumi. Tapi jarak antara Bumi dan Mars terus berubah saat mereka mengelilingi matahari. Namun, jarak rata-rata antara Bumi dan Mars adalah 140 juta mil atau 225 juta km. Jika menggunakan jarak cahaya, maka jarak Bumi dan Mars hanya 12,5 menit cahaya. Sayangnya, belum ada teknologi secepat cahaya yang kita miliki saat ini. Jadi, opsi menggunakan kecepatan cahaya dipinggirkan dulu.

Pesawat Ruang Angkasa Tercepat Sejauh Ini

Pesawat ruang angkasa tercepat saat ini adalah Parker Solar Probe NASA. Ia terus memecahkan rekor kecepatannya sendiri saat bergerak mendekati matahari. Pada 21 November 2021, Parker Solar Probe mencapai kecepatan tertinggi 101 mil (163 kilometer) per detik selama penerbangan jarak dekat ke-10-nya dari bintang kita. Menurut pernyataan NASA, ketika Parker Solar Probe mencapai jarak 4 juta mil (6,2 juta kilometer) dari permukaan matahari pada Desember 2024 nanti, kecepatan pesawat ruang angkasa akan mencapai 430.000 mil (692.017 km) per jam!

Jika Parker Solar Probe berhasil mencapai kecepatan yang dicapai selama penerbangan jarak dekat ke-10 dari matahari dan mengambil jalan memutar dari misi yang berfokus pada matahari untuk masuk dalam garis lurus dari Bumi ke Planet Merah, waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Mars rata-rata adalah 16 hari. Ketentuannya begini:

- Saat jarak terdekat Mars-Bumi: 95 jam

- Saat jarak terjauh Mars-Bumi: 686 jam (28,5 hari)

- Rata-rata: 384 jam (16 hari)

Jadi, terknologi kecepatan yang dimiliki Parker Solar Probe akan mampu mengantar kita ke Mars dalam waktu kurang dari 20 hari.

Waktu yang dibutuhkan misi sebelumnya untuk mencapai Mars

Berikut adalah infografis yang merinci berapa lama waktu yang dibutuhkan beberapa misi bersejarah untuk mencapai Planet Merah, baik mengorbit atau mendarat di permukaan Mars.

Daftar berapa lama waktu (hari/day) yang dibutuhkan beberapa misi bersejarah untuk mencapai planet merah, baik mengorbit atau mendarat di permukaan Mars. Sumber: Future
Daftar berapa lama waktu (hari/day) yang dibutuhkan beberapa misi bersejarah untuk mencapai planet merah, baik mengorbit atau mendarat di permukaan Mars. Sumber: Future

Sumber: Space.com/NASA

Baca juga:

Jarak Bumi dan Mars 12,5 Menit Cahaya, Seberapa Jauh Planet Merah?

1 Tahun Cahaya Sama dengan Berapa Km?

Berapa Gaji Astronot NASA? Bisa Membeli Mobil Setiap Bulan

Berapa Lama Perjalanan untuk Sampai ke Jupiter?

Bagaimana Kita Tahu Berapa Umur Bumi?

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Manusia untuk Menjelajah Planet Lain?

Ikuti ulasan lainnya dari Antariksa dengan subscribe di sini.

× Image