Home > Ulasan

Gerhana Penumbra 5 Mei, Ini Perbedaan 3 Jenis Gerhana Bulan

Gerhana bulan terjadi saat bumi menghalangi sinar matahari selama bulan purnama.
Bumi menghalangi matahari dilihat dari bulan, selama gerhana bulan total. Gambar: NASA

ANTARIKSA -- Gerhana bulan terjadi ketika Bumi memposisikan dirinya di antara matahari dan bulan sehingga menimbulkan bayangan di permukaan bulan. Gerhana bulan hanya dapat terjadi selama bulan purnama dan merupakan peristiwa populer di seluruh dunia karena tidak memerlukan peralatan khusus untuk menikmatinya.

Nah, bulan purnama yang akan terjadi pada Jumat, 5 Mei 2023 nanti akan diikuti oleh gerhana bulan, khususnya gerhana penumbra. Pada tahun 2023 sendiri, Bumi akan mengalami dua kali gerhana bulan. Gerhana bulan penumbra pada 5 Mei akan terlihat di sebagian Afrika, Australia, dan Asia, termasuk seluruh wilayah Indonesia.

Sementara yang kedua akan menjadi gerhana bulan parsial atau sebagian pada 28 Oktober mendatang dan akan terlihat di seluruh bagian Amerika, Eropa, Afrika, Asia, dan Australia.

Gerhana bulan disebabkan oleh Bumi menghalangi sinar matahari mencapai bulan sehingga menciptakan bayangan di permukaan bulan. Bumi yang menghalangi matahari melemparkan dua bayangan yang jatuh di bulan selama gerhana bulan, yaitu Umbra yang berupa bayangan gelap penuh, dan penumbra berupa bayangan luar sebagian.

Ada tiga jenis gerhana bulan yang tergantung pada bagaimana matahari, Bumi, dan bulan sejajar pada saat peristiwa itu terjadi. Ketiganya adalah:

Tiga jenis gerhana bulan yang bisa terjadi saat bumi menghalangi sinar matahari ke bulan. Gambar: NASA

Gerhana bulan total: bayangan bumi tersebar di seluruh permukaan bulan.

Gerhana bulan sebagian: Selama gerhana bulan sebagian, hanya sebagian bulan yang memasuki bayangan Bumi, yang mungkin terlihat seperti 'menggigit' permukaan bulan. Bayangan bumi akan tampak gelap pada sisi bulan yang menghadap bumi. Menurut NASA, berapa banyak 'gigitan' yang kita lihat bergantung pada bagaimana matahari, Bumi, dan bulan sejajar.

Gerhana bulan penumbra: Bagian luar bayangan bumi yang redup dilemparkan ke permukaan bulan. Gerhana jenis ini tidak sedramatis dua lainnya, dan gerhana penumbra kemungkinan sulit dilihat. Baca: Gerhana Bulan Penumbra 5 Mei 2023, Fakta dan Jadwalnya.

Jadwal gerhana bulan penumbra 5-6 Mei 2023:

Kontak pertama: Pukul 22.15 WIB, Jumat, 5 Mei 2023.

Puncak gerhana panumbra: Pukul 00.24 WIB, Sabtu, 6 Mei 2023.

Gerhana penumbra berakhir: Pukul 2.32 WIB.

Saat gerhana penumbra berakhir, bulan purnama akan kembali muncul dari bayangan Bumi. Jika langit tidak gelap, Anda bisa melihat keindahan pancaran bulan purnama Mei. Sumber: Space.com

Baca juga:

Berapa Jarak Bulan dari Bumi?

Apa Itu Fase Bulan? Penampakan Bulan di Langit Malam

Apakah Bumi akan Kehilangan Bulan Kita? Jangan Sampai!!

Lama Perjalanan ke Mars 9 Bulan, Tapi Ada Opsi Hanya 16 Hari

Sebelum Hilang di Bulan, Hakuto-R Memotret Indonesia Saat Gerhana Matahari Hibrida

12 Obyek Paling Aneh di Alam Semesta: Sinyal Misterius Hingga Tembakan Infra Merah

Pembentukan Alam Semesta 1: Big Bang dan Era Kegelapan

Ikuti ulasan lainnya dari Antariksa dengan subscribe di sini.

× Image