Home > Sains

Fase Bulan Malam Ini: Menuju Gerhana Bulan Penumbra

Lihat fase bulan malam ini, Kamis 4 Mei 2023 dan bersiaplah melihat gerhana bulan penumbra 5 Mei.
Gerhana bulan. Gambar: NASA
Gerhana bulan. Gambar: NASA

ANTARIKSA -- Malam ini, Kamis, 4 Mei 2023, bulan berusia 14 hari dan saat ini sedang mendekati fase Bulan Purnama dari siklus bulannya. Bulan malam ini menyala 98 persen pada permukaannya.

Kamis, 5 Mei 2023, fase bulan purnama akan bertepatan dengan gerhana bulan penumbra. Itu adalah fenomena ketika bola bumi berada antara bulan dan matahari sehingga bayangan bumi menghalangi cahaya matahari ke bulan.

Pada April 2023, fase bulan terjadi pada hari-hari berikut:

- Bulan Purnama: 5 Mei 2023

- Kuartal Terakhir/Bulan Separuh menurun: 12 Mei 2023

- Bulan Baru: 19 Mei 2023

- Kuartal Pertama/Bulan Separuh meningkat: 27 Mei 2023

Bulan malam ini. Gambar: in the sky
Bulan malam ini. Gambar: in the sky

Fase bulan mengungkapkan berlalunya waktu di langit malam. Beberapa malam ketika kita melihat ke bulan, ia tampak penuh dan cerah dengan cahaya dan terkadang kita hanya menemukan secercah cahaya keperakan.

Saat bulan mengorbit Bumi, ia berputar melalui delapan fase berbeda. Empat fase utama bulan terjadi sekitar setiap satu pekan, dengan bulan purnama sebagai tahap yang paling mempesona.

Saat Anda mengamati bulan selama satu bulan, perhatikan saat ia tumbuh dari bulan baru ke bulan seperempat pertama. Saat ia tumbuh, ia akan membesar dan berangsur-angsur meningkat dari bulan sabit menjadi bulan seperempat pertama. Saat ia terus membesar, ia mengambil bentuk lonjong atau gibbous, sampai mencapai tahap bulan purnama.

Kemudian akan mengulangi langkah-langkah tersebut secara terbalik saat kembali ke bulan baru. Sumber: Space.com

× Image