Home > Ulasan

Mengenal Capella, Bintang Terang yang Disebut di Film Petualangan Sherina

Capella adalah bintang paling terang ke-6 di langit malam.
Sistem bintang Capella. (sumber: Earthsky)
Sistem bintang Capella. (sumber: Earthsky)

ANTARIKSA -- Kalau Anda pernah menonton film Petualangan Sherina, mungkin Anda tidak asing dengan bintang Capella. Bintang tersebut disebutkan di salah satu lagu dalam film tersebut.

Yuk, kenalan lebih jauh dengan Capella.

Bintang Capella juga dikenal sebagai Alpha Aurigae. Bintang ini merupakan bintang paling terang di konstelasi Auriga the Charioteer.

Capella bersinar terang di malam musim dingin. Capella menonjol pada malam musim dingin Belahan Bumi Utara.

Capella adalah bintang paling utara di pola bintang, yang dikenal sebagai Segi Enam Musim Dingin. Capella adalah bintang paling terang ke-6 di langit malam.

Dalam bahasa Latin, Capella berarti kambing pengasuh. Bintang terang ini disebut juga Bintang Kambing.

Dilansir dari EarthSky, Capella adalah bintang kuning terbesar dan paling terang di langit. Capella jauh lebih besar dan lebih terang dari matahari secara absolut.

Rasi bintang Auriga (sumber: EarthSky)
Rasi bintang Auriga (sumber: EarthSky)

Capella tampaknya seperti satu bintang, tapi sebenarnya empat bintang. Capella adalah sistem bintang empat yang terdiri dari dua bintang biner.

Bintang A dalam sistem Capella adalah apa biner spektroskopi. Baik Capella Aa dan Capella Ab, demikian sebutannya, berukuran kira-kira 10 kali diameter matahari. Keduanya masing-masing memancarkan sekitar 80 dan 50 kali lebih terang dibandingkan matahari.

Capella Aa dan Ab adalah bintang raksasa kuning di akhir masa hidup normalnya. Kedua bintang Capella berada dalam masa transisi dari bintang yang lebih kecil dan lebih panas menjadi raksasa merah yang lebih dingin dan lebih besar yang pada akhirnya harus menjadi mereka di fase terakhirnya.

Pasangan kedua, Capella H dan Capella L, adalah katai merah yang kecil. Keduanya sekitar 10.000 unit astronomi (AU) dari pasangan pertama. Para astronom mengukur magnitudo gabungan dari sistem ini yakni 0,08.

× Image