Home > Ulasan

Canopus, Bintang Kedua Paling Terang, Si Penunjuk Arah Wahana Antariksa Voyager

Kecerahan Canopus lebih dari 10.000 hingga 13.000 dibandingkan matahari.
Canopus adalah bintang yang paling terang di foto ini. (Akira Fujii via sky and telescope)
Canopus adalah bintang yang paling terang di foto ini. (Akira Fujii via sky and telescope)

ANTARIKSA -- Canopus adalah bintang paling terang kedua di langit malam. Posisi Canopus berada di bawah Sirius, si bintang yang paling terang.

Dilansir dari Skyandtelescope, Canopus adalah bintang paling terang di konstelasi selatan Carina. Dengan massa sekitar delapan atau sembilan kali Matahari, Canopus memiliki ketebalan lebih dari 70 kali Matahari. Kecerahannya lebih dari 10.000 hingga 13.000 dibandingkan matahari.

Canopus juga mempertahankan suhu permukaan yang sangat tinggi yaitu sekitar 7.000 derajat Celsius. Canopus berjarak 300 tahun cahaya dengan Bumi.

Dengan luminositas tinggi ini dan dikombinasikan dengan keterasingannya dari bintang terang lainnya menjadikan Canopus sebagai bintang pemandu navigasi yang baik untuk wahana antariksa Voyager.

Sebagai informasi, wahana Voyager 1 milik Badan Antariksa Amerika (NASA) diluncurkan pada tahun 1977 telah melewati ruang antarbintang pada tahun 2012. Probe Voyager 2 juga diluncurkan pada 1977. Kedua wahana ini diluncurkan untuk menyelidiki Jupiter dan Saturnus.

× Image