Home > Sejarah

Sejarah Hari Ini: Venera 4 Memulai Perjalanan Legendarisnya ke Venus

Pada 12 Juni 1967, Venera 4 diluncurkan ke luar angkasa dalam misi ke Venus.
Pesawat luar angkasa Venera 4 Venus.Gambar: NASA
Pesawat luar angkasa Venera 4 Venus.Gambar: NASA

ANTARIKSA -- Pada 12 Juni 1967, Venera 4 diluncurkan ke luar angkasa dalam misi ke planet Venus. Misi Rusia itu menjadikan Venera 4 sebagai pesawat luar angkasa pertama yang mengirimkan data dari atmosfer planet lain.

Venera 4 adalah wahana yang dirancang untuk mempelajari atmosfer Venus hingga ke permukaannya. Pada awalnya, para ilmuwan percaya wahana itu ditransmisikan hingga bersentuhan dengan permukaan Venus. Tetapi transmisi telah berakhir pada ketinggian 16 mil atau 27 kilometer, ketika suhu ekstrim dan tekanan atmosfer yang tinggi menghancurkan Venera 4.

Namun dari data yang dikumpulkan oleh wahana pemberani itu, para ilmuwan bisa mengetahui bahwa suhu permukaan Venus adalah 500 derajat selcius dan tekanannya 75 kali lipat dari Bumi. Juga ditemukan bahwa atmosfer Venus terdiri dari 90 hingga 95 persen karbon dioksida tanpa nitrogen.

Misi Venera 4 Rusia kemudian menjadi dasar untuk misi-misi setelahnya, terutama misi kedua ke planet neraka yang dilakukan NASA Amerika. Sumber: Space.com

× Image