Home > Ulasan

Ada Berapa Jumlah Galaksi di Alam Semesta?

Di alam semesta terdapat banyak sekali galaksi yang disatukan oleh gravitasi.
ilustrasi Galaksi (foto: wikipedia)
ilustrasi Galaksi (foto: wikipedia)

ANTARIKSA -- Ada banyak sekali rahasia alam semesta. Selain Bulan, Matahari, dan planet lain di tata surya, di alam semesta terdapat banyak sekali galaksi yang disatukan oleh gravitasi.

Susunan galaksi dan alam semesta telah memesona para astronom selama berabad-abad. Hingga saat ini pun, para astronom terus menemukan galaksi-galaksi baru. Apalagi, instrumen sains kini semakin canggih.

Lalu, ada berapa banyak galaksi di alam semesta ini? Hingga saat ini ilmuwan terus menggali rahasia-rahasia alam semesta. Hampir tidak mungkin untuk menjawab dengan sangat jelas berapa banyak galaksi yang ada.

Namun, para ilmuwan terus berupaya mencoba menjawab pertanyaan tersebut. Perkiraan terbaru memberikan informasi bahwa mungkin ada dua triliun galaksi di alam semesta yang dapat diamati.

Dilansir dari ScienceFocus, dua triliun galaksi adalah perkiraan. Para ilmuwan belum menghitung setiap galaksi yang mereka temukan di Alam Semesta yang dapat diamati.

Angka dua triliun berasal dari perkiraan berdasarkan konversi gambar 3D dari Teleskop Luar Angkasa Hubble dan model matematis baru.

“Ini mengarah pada kesimpulan yang mengejutkan bahwa agar jumlah galaksi yang kita lihat sekarang dan massanya bertambah, harus ada 90 persen galaksi lagi di alam semesta yang dapat diamati yang terlalu redup dan terlalu jauh untuk dilihat dengan teleskop masa kini," demikian penjelasan NASA pada tahun 2016.

Secara teoritis, mungkin ada jumlah galaksi yang tak terhingga. Sebab, ukuran alam semesta itu sendiri bisa tak terhingga. Perlu diingat bahwa ada banyak yang tidak dapat diamati dengan teknologi saat ini. Jumlahnya diperkirakan antara 100-200 miliar galaksi.

× Image