Home > News

China Bakal Kirim Roket ke Bulan, Tahun 2027?

China membuat kemajuan dalam pengembangan roket baru untuk meluncurkan astronot ke bulan.
Foto permukaan Bulan yang tampak dari Bumi. (NASA/GSFC/Arizona State University)
Foto permukaan Bulan yang tampak dari Bumi. (NASA/GSFC/Arizona State University)

ANTARIKSA -- China berencana meluncurkan roket ke Bulan paling cepat pada tahun 2027. Saat ini, kendaraan peluncuran baru sedang dikembangkan sebagai bagian dari rencana China untuk menjelajah Bulan sebelum tahun 2030.

Sepasang roket baru bernama Long March 10 akan diperlukan untuk melakukan peluncuran terpisah dari pendaratan bulan. Sepasang roket itu kemudian akan bertemu sekali di orbit mengelilingi bulan.

"Roket tersebut diperkirakan akan melakukan uji terbang pada tahun 2027," ujar Rong Yi, ahli roket dari China Academy of Launch Vehicle Technology di bawah China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC), mengatakan kepada media pemerintah China Xinhua.

Dilansir dari Space, CASC adalah kontraktor luar angkasa utama China. CASC mendapat tugas untuk mengembangkan berbagai kemampuan dan komponen yang diperlukan untuk membawa astronot ke permukaan bulan dan kembali ke Bumi.

Kendaraan peluncuran akan memiliki tinggi sekitar 90 meter dan memiliki tiga inti tahap pertama berdiameter 5 meter.

China baru-baru ini menyelesaikan tempat uji coba besar baru di Tongchuan untuk uji tembak mesin baru yang diperlukan untuk menyalakan roket bulannya.

Yang Liwei, astronot China pertama yang mengorbit belum lama ini mengungkapkan bahwa awak pesawat antariksa baru akan siap paling cepat tahun 2027.

× Image