Home > Sejarah

Sejarah Hari Ini: NASA Meluncurkan Roket V-2 yang Dijarah dari NAZI Jerman

Roket V-2 diluncurkan dari kapal induk untuk pertama kalinya.
Peluncuran roket V-2 hasil tangkapan dari dek USS Midway (CVB-41) selama
Peluncuran roket V-2 hasil tangkapan dari dek USS Midway (CVB-41) selama "Operasi Sandy", 6 September 1947. Gambar: Angkatan Laut AS

ANTARIKSA -- Pada 6 September 1947, sebuah roket diluncurkan dari kapal induk untuk pertama kalinya. Rudal V-2 dijarah oleh pasukan Sekutu dari lokasi produksi Jerman pada akhir Perang Dunia Kedua.

V-2 adalah rudal balistik berpemandu jarak jauh pertama di dunia. Wernher von Braun, seorang insinyur luar angkasa terkenal, menciptakannya untuk Nazi Jerman sebelum dia diam-diam dibajak ke AS dan mulai bekerja untuk NASA.

Von Braun dan bagian-bagian rudal V-2 yang disita dibawa ke White Sands Missile Range di New Mexico, tempat NASA merakit bagian-bagian tersebut dan mulai bereksperimen dengan peluncuran. V-2 pertama diluncurkan di laut dari kapal Angkatan Laut AS bernama USS Midway dalam misi bertajuk "Operasi Sandy".

Kapal induk tersebut berlayar beberapa ratus mil di selatan Bermuda untuk peluncuran tersebut. Setelah lepas landas, V-2 mulai miring di udara dan hanya mencapai ketinggian 4.600 meter sebelum jatuh kembali ke Bumi. Sumber: Space.com

× Image