Home > Pertahanan

Parno dengan China, Kongres AS Berikan Dana Besar untuk Space Force

RUU pengeluaran 2022 Amerika menambahkan hampir 1,3 miliar dolar AS untuk program Angkatan Luar Angkasa dan Badan Pengembangan Antariksa AS dari yang diminta pemerintahan Biden.
Ilustrasi hubungan panas Amerika dan China di antariksa. Gambar: iStock
Ilustrasi hubungan panas Amerika dan China di antariksa. Gambar: iStock

ANTARIKSA — Rancangan Undang-Undang (RUU) pengeluaran pertahanan Ameriksa Serikat (AS) untuk tahun fiskal 2022 memberi Departemen Pertahanan AS sebesar 728,5 miliar dolar AS atau lebih dari Rp 10.437 triliun. Angka yang disahkan Kongres pekan lalu itu lebih besar 32,5 miliar dolar AS dari yang dialokasikan untuk tahun 2021.

Program luar angkasa militer mendapat dorongan besar. Apropriator menambahkan hampir 1,3 miliar dolar AS untuk proyek Space Force dan Space Development Agency AS dari yang diminta oleh pemerintahan Presiden Joe Biden. Presiden Biden diperkirakan akan menandatangani RUU pengeluaran federal senilai 1,5 triliun dolar AS sebelum sesi pendanaan berakhir pada 15 Maret. Pemerintah AS telah beroperasi di bawah resolusi berkelanjutan sejak tahun fiskal 2022 yang dimulai 1 Oktober lalu.

Kongres menambahkan senilai 1,3 miliar dolar AS untuk anggaran proyek pengembangan teknologi antariksa militer yang dijalankan oleh Angkatan Luar Angkasa (Space Force), membayar pengembangan satelit Sistem Pemosisian Global, meningkatkan pengeluaran untuk layanan peluncuran kecil, dan satelit pendeteksi rudal Badan Pengembangan Luar Angkasa (SDA).

Salah satu item terbesar yang dimasukkan ke dalam anggaran adalah demonstrasi satelit pelacak rudal senilai 550 juta dolar AS yang akan dikembangkan oleh SDA untuk komando militer Indo-Pasifik AS.

“Ancaman (antariksa) tersebut mendorong pengeluaran ruang angkasa,” kata Peter Garretson, konsultan antariksa dan pertahanan di Dewan Kebijakan Luar Negeri Amerika.

"Tampilan teknologi ruang angkasa canggih China baru-baru ini tidak luput dari perhatian, dan ada kekhawatiran yang berkembang tentang agresi Rusia," katanya.

SDA sedang membangun jaringan besar satelit di orbit rendah Bumi (Leo) untuk mendeteksi dan melacak rudal musuh, dan untuk memindahkan data ke seluruh dunia. "Meningkatkan anggaran badan itu adalah benar-benar langkah yang tepat pada saat ini. Saya berharap SDA dengan beberapa lapisan satelitnya akan benar-benar membawa DoD (Departemen Pertahanan) kembali ke permainan inovasi dan pengembangan teknologi yang cepat,” kata Garretson.

Ketakutan Kongres AS

Analis industri di perusahaan konsultan kedirgantaraan dan pertahanan Velos, Mike Tierney mengatakan, pendanaan yang ditambahkan ke program militer antariksa AS mencerminkan kekhawatiran yang telah diungkapkan oleh para apropriator pertahanan selama bertahun-tahun. Menurut dia, kongres AS tahun demi tahun telah mendesak Departemen Pertahanan untuk menjadikan ruang angkasa sebagai prioritas.

"Dengan kenaikan RUU 2022, mereka menaruh uang mereka di mana pun mereka berada. Tetapi tagihan pengeluaran juga mencakup bahasa yang kritis terhadap manajemen program antariksa Departemen Pertahanan dan menyerukan Angkatan Luar Angkasa memasukkan teknologi komersial mutakhir ke dalam sistem militer," kata Tierney.

Kongres, misalnya, sebelumnya telah menahan dana untuk Space Warfighting Analysis Center (SWAC), sebuah organisasi yang dibentuk untuk merancang arsitektur militer antariksa menggunakan model dan simulasi digital. RUU 2022 menyetujui 37 juta dolar AS yang diminta DoD untuk SWAC, tetapi Kongres tetap membuat peringatan.

"Bahwa kekhawatiran tetap ada, bahwa proses analitis dan pengambilan keputusan dalam Angkatan Luar Angkasa terlalu rumit dan berbelit-belit,” kata Tierney.

Dalam laporan yang menyertai RUU pengeluaran pertahanan, Kongres meminta klarifikasi peran dan tanggung jawab pemimpin sipil senior dan berseragam terkait ruang angkasa. Mereka juga meminta penjelasan tentang apa yang dilakukan unit akuisisi ruang angkasa, termasuk SWAC, Badan Pengembangan Luar Angkasa, Kantor Kemampuan Cepat Antariksa, dan program luar angkasa di Departemen Kantor Kemampuan Cepat Angkatan Udara.

Kongres AS juga tampak frustrasi dengan pendekatan lama Angkatan Luar Angkasa yang membeli sistem baru yang tidak memanfaatkan inovasi komersial di bidang komunikasi, kesadaran domain ruang angkasa dan intelijen, pengawasan, serta pengintaian. "DoD dan Angkatan Luar Angkasa secara terbuka memperjuangkan arsitektur ruang hibrida yang mencakup kombinasi kendaraan dan layanan antariksa pemerintah dan komersial, tetapi Angkatan Luar Angkasa lambat memprioritaskan penawaran komersial dalam arsitekturnya," kata Kongres.

"Kongres meminta DoD mengajukan strategi untuk mengintegrasikan satelit komersial di seluruh rangkaian misinya."

Sumber: Space News

× Image