Home > Teknologi

Mengenal Teleskop Nancy Grace Roman, Sang Pemburu Energi Gelap

Nancy Grace Roman Space Telescope akan melihat gambaran besar ruang angkasa
 Nancy Grace Roman Space Telescope adalah langkah besar selanjutnya dalam astronomi. Gambar: GSFC/SVS)
Nancy Grace Roman Space Telescope adalah langkah besar selanjutnya dalam astronomi. Gambar: GSFC/SVS)

ANTARIKSA -- Teleskop Antariksa Nancy Grace Roman adalah observatorium ruang angkasa inframerah masa depan Badan Antariksa Amerika (NASA). Roman akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan paling besar dan mendesak dalam kosmologi, yaitu misteri energi gelap.

Selain itu, teleskop yang juga dikenal sebagai Roman Space Telescope akan mencari planet di luar tata surya atau exoplanet. Kemudian, menyelidiki fisika bintang yang jauh.

Ditetapkan diluncurkan sekitar tahun 2026 atau 2027, teleskop luar angkasa memiliki bidang pandang luas yang memungkinkannya menghasilkan gambar besar alam semesta yang belum pernah dilihat sebelumnya. Misi pengungkapan misteri kosmos diproyeksikan berlangsung selama lima tahun.

Teleskop Roman akan ditempatkan di titik Lagrange 2, yaitu titik gravitasi stabil antara Bumi dan matahari yang terletak sekitar 1 juta mil atau 1,5 juta kilometer dari planet kita. Teleskop itu mulai dirancang sebagai Wide Field Infrared Survey Telescope (WFIRST) pada tahun 2010. Ia kemudian dinamai Nancy Grace Roman Space Telescope satu dekade kemudian, yaitu Mei 2020. Hal itu untuk menghormati Nancy Grace Roman, seorang ilmuwan perintis yang menjabat sebagai astronom kepala pertama NASA, dari tahun 1961 hingga 1963. Roman meninggal pada 26 Desember 2018 pada usia 93 tahun.

Selama hidupnya, Roman dikenal sebagai ibu dari Hubble. Sebab, Roman tanpa lelah mengembangkan alat-alat baru yang memungkinkan para ilmuwan mempelajari alam semesta yang lebih luas. Upaya Roman menghasilkan peluncuran Teleskop Luar Angkasa Hubble pada tahun 1990.

Saat mengumumkan nama baru untuk WFIRST pada 2020, administrator NASA, Jim Bridenstine mengatakan, karena kepemimpinan dan visi Nancy Grace Roman, NASA menjadi pelopor dalam astrofisika. Kemudian meluncurkan Hubble yang ia sebut sebagai teleskop luar angkasa paling kuat dan produktif di dunia.

"Saya tidak bisa memikirkan nama yang lebih baik untuk WFIRST, yang akan menjadi penerus Teleskop Hubble dan Webb NASA," kata dia.

Roman dirancang untuk mengajari ilmuwan banyak hal tentang planet ekstrasurya dan kosmologi. Rekan Postdoctoral di Jet Propulsion Laboratory NASA, Samson A Johnson mengatakan, saat ini hingga setelah peluncurannya, akan ada banyak peluang bagi para astronom untuk mengusulkan ide mereka untuk Roman. "Dan ada banyak prospek menarik seperti mempelajari lubang hitam massa bintang, survei transit planet ekstrasurya , survei asteroseismologi, dan masih banyak lagi," kata Johnson.

Pengembangan Teleskop Roman ditangani terutama oleh Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA, dengan partisipasi dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) dan Pusat Pemrosesan dan Analisis Inframerah. Kemudian, Institut Sains Teleskop Luar Angkasa di Baltimore dan tim sains terdiri dari peneliti dari institusi di seluruh AS.

Desain awal Teleskop Luar Angkasa Romawi dari tahun 2011 menyarankan teleskop ini dilengkapi dengan cermin berdiameter 1,3 meter yang lebih kecil dan satu instrumen. Desain teleskop saat ini dan telah final diperkenalkan dalam Laporan WFIRST-AFTA 2015 oleh Tim Definisi Sains (SDT) dan Kantor Studi WFIRST. Pada tahun 2022, NASA memperkirakan total biaya peluncuran teleskop Roman sebesar 255 juta dolar AS, mencakup layanan peluncuran dan biaya terkait misi lainnya.

Apa saja yang akan dikerjakan Roman? ...

× Image