Home > Ulasan

Jika Sampah Antariksa Menyerang ISS, Astronot NASA Harus Melarikan Diri

Alih-alih sebesar bola kastil, sampah antariksa sebesar pasir bisa membawa kefatalan bagi misi manusia.
Puing-puing di orbit rendah Bumi atau sampah antariksa. Gambar: Stock Footage/Shutterstock/Astronomy
Puing-puing di orbit rendah Bumi atau sampah antariksa. Gambar: Stock Footage/Shutterstock/Astronomy

ANTARIKSA -- Badan Antariksa Amerika (NASA) mengatakan, Departemen Pertahanan AS (DoD) telah memiliki katalog satelit yang sangat akurat terkait puing luar angkasa atau sampah antariksa di orbit Bumi. Sebagian besar objek katalog berukuran lebih besar dari bola kasti, sekitar 10 sentimeter. Alih-alih sebesar bola kastil, pasir sampah antariksa bisa membawa kefatalan bagi misi manusia.

NASA dan DoD bekerja sama dan berbagi tanggung jawab untuk mengkarakterisasi lingkungan satelit, termasuk puing-puing orbit. Jaringan Pengawasan Luar Angkasa DoD melacak objek diskrit berdiameter sekecil 5 sentimeter di orbit rendah Bumi dan sekitar 1 meter di orbit geosinkron. Saat ini, sekitar 27 ribu objek katalog resmi masih berada di orbit dan sebagian besar berukuran 10 cm atau lebih. Baca: Apa Itu Sampah Antariksa?

Dengan menggunakan sensor khusus berbasis darat dan inspeksi permukaan satelit, NASA secara statistik menentukan tingkat populasi objek yang berdiameter kurang dari 10 sentimeter. Risiko tabrakan dibagi menjadi tiga kategori tergantung pada ukuran ancaman. Untuk objek berukuran 10 sentimeter dan lebih besar, penilaian konjungsi dan manuver menghindari tabrakan efektif dalam melawan objek yang dapat dilacak oleh Jaringan Pengawasan Ruang Angkasa.

Objek sampah antariksa yang lebih kecil dari itu biasanya sulit dilacak untuk penilaian konjungsi dan penghindaran tabrakan dalam waktu yang cukup. Karena itu, ada perisai puing yang lebih efektif menahan dampak partikel yang lebih kecil dari 1 sentimeter agar melindungi modul AS di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

NASA memiliki seperangkat prosedur untuk menilai apakah ancaman dari jarak dekat seperti itu cukup dengan mengelak atau diambil tindakan pencegahan lainnya untuk memastikan keamanan ISS dan awaknya. Prosedur ini pada dasarnya menggambar sebuah kotak imajiner, yang dikenal sebagai 'kotak pizza' karena bentuknya yang datar, persegi panjang, yang muncul di sekitar kendaraan luar angkasa.

Kotak ini memiliki kedalaman sekitar 2,5 mil, lebar 30 mil, dan panjang 30 mil (4 x 50 x 50 kilometer) dengan ISS di tengahnya. Ketika prediksi menunjukkan objek terlacak akan lewat cukup dekat dan kualitas data pelacakan dianggap cukup akurat, pusat Kontrol Misi di Houston dan Moskow akan bekerja sama untuk melakukan jalur tindakan yang tepat.

Astronot harus meninggalkan ISS jika serangan sampah antariksa tak dapat dihindari...

× Image