Home > Ulasan

Di Mana Tempat Paling Dingin di Tata Surya?

Tempat terdingin di Tata Surya mungkin berada dekat dengan Bumi

Menurut O'Brien dan Byrne, sebuah kawah dapat dianggap berbayang ganda jika terlindung tidak hanya dari iluminasi matahari langsung tetapi juga dari sumber pemanas sekunder. Sumber pemanas sekunder misalnya, radiasi matahari yang dipantulkan dari area yang diterangi di dekatnya. Selain itu juga radiasi termal yang dipancarkan dari permukaan yang hangat itu.

Pollacco menambahkan bahwa kawah yang "berbayang ganda" memiliki pinggiran yang cukup tinggi sehingga sinar matahari tidak pernah mencapai dasar kawah. Itulah sebabnya kawah tersebut sangat dingin.

Penelitian O'Brien dan Byrne menunjukkan bahwa daerah yang selalu dibayangi ini telah "terlindung" dari iluminasi matahari selama miliaran tahun. Kawah dapat berisi "perangkap mikro-dingin" yang tidak hanya mengandung air es, tetapi juga lebih banyak lagi. Misalnya, senyawa dan unsur yang mudah menguap, seperti karbon dioksida, karbon monoksida, dinitrogen, dan argon.

Menurut O'Brien dan Byrne, kawah ini diperkirakan memiliki suhu sekitar 25 kelvin (minus 248,15 C), tetapi bisa jadi lebih dingin.

Sementara itu, menurut NASA, suhu rata-rata permukaan Pluto, misalnya, adalah 40,4 kelvin, yaitu minus 386,95 F atau minus 232,75 C.

× Image