Home > Ulasan

Di Mana Tempat Paling Dingin di Tata Surya?

Tempat terdingin di Tata Surya mungkin berada dekat dengan Bumi

Kawah Oort?

Kawah bulan yang berbayang ganda ini mungkin tidak sedingin awan Oort. Awan Oort adalah cangkang puing ruang es yang terletak jauh di luar orbit Neptunus.

Namun, awan Oort tidak selalu dianggap sebagai bagian dari tata Surya. Awan Oort sekaligus dianggap sebagai "wilayah terjauh tata surya" oleh NASA, tetapi juga "di luar" tata surya kita.

Kadang, awan Oort didefinisikan sebagai batas antara tata surya kita dan ruang antarbintang.

Menurut Universitas Northwestern di Illinois, suhu di awan Oort bisa sedingin 5 kelvin (minus 450,67 F atau minus 268,15 C), yang akan jauh lebih dingin daripada suhu yang ditemukan di bulan.

Namun, jika kita tidak memasukkan awan Oort, tempat terdingin di tata surya sangat mungkin ditemukan di Bulan.

Di Bumi, suhu Antartika yang paling dingin sekalipun jauh lebih hangat daripada kawah bulan atau awan Oort. Suhu terestrial terdingin yang pernah tercatat (terdaftar pada 21 Juli 1983) di stasiun penelitian Vostok Rusia di Antartika menurut Arsip Cuaca & Iklim Ekstrem Dunia dari Organisasi Meteorologi Dunia yakni minus 128,6 F (minus 89,2 C).

Namun, para ilmuwan telah secara artifisial menciptakan suhu yang lebih rendah daripada yang terjadi secara alami di Bumi, di kawah bulan, atau bahkan di awan Oort. Tahun lalu, tim peneliti Jerman memecahkan rekor suhu terdingin yang dicapai di laboratorium: suhu dingin minus 459,67 F (minus 273,15 C).

× Image