Home > News

Ex Astronot NASA: UFO Layak Diselidiki

Kelly menunggu ada bukti nyata tentang keberadaan UFO

Penampakan 'UFO' GIMBAL dan GOFAST

Ilustrasi UFO.
Ilustrasi UFO.

Contoh lain yang dikemukakan Kelly adalah video yang diterbitkan dalam laporan New York Times pada 2017 berjudul 'GIMBAL'. Berita itu menunjukkan pertemuan antara jet tempur Super Hornet F/A-18 Angkatan Laut AS dan objek tak dikenal di wilayah udara militer AS. Benda itu berputar sambil melayang diam di udara.

Kelly, bagaimanapun, tidak yakin video itu menunjukkan sesuatu yang aneh sama sekali. "GIMBAL, bagi saya sepertinya kamera FLIR (forward-looking infrared), baru saja mencapai batas gimbalnya," kata Kelly. (Gimbal adalah segala jenis dudukan atau penopang yang memungkinkan suatu objek, seperti kamera, berputar sepanjang sumbu atau beberapa sumbu.)

"Dan itu karena memiliki batas gimbal. Tahukah Anda, gimbal berputar 360 derajat ke satu arah, atau apa pun batasannya, dan itu berhenti. Itu harus berbalik ke arah lain. Seperti apa kelihatannya bagi saya."

Video lain yang dirilis oleh Washington Post pada 2018 hanya beberapa bulan setelah laporan New York Times, dikenal sebagai "GOFAST". Laporan itu menunjukkan rekaman yang diambil oleh sensor F/A-18 dari sebuah objek yang tampak melayang di atas lautan dengan kecepatan yang luar biasa.

Namun, Joshua Semeter, direktur Pusat Fisika Luar Angkasa Universitas Boston, mempresentasikan analisis video selama pertemuan tersebut. Dia berpendapat, dengan menerapkan "trigonometri dasar" menggunakan informasi dalam overlay video yang direkam oleh jet, "GOFAST" objek bergerak hanya 40 mph (64 kph).

"Contoh ini juga berfungsi untuk mengilustrasikan jenis bias kognitif yang harus kita hadapi untuk UAP yang direkam dari perspektif yang tidak biasa," tambah Semeter.

Terlepas dari penjelasan biasa yang ditawarkan oleh Kelly dan Semeter, berkali-kali, tiga video yang dirilis antara 2017 dan 2018 dikutip sebagai bukti benda atau pesawat tak dikenal canggih yang beroperasi di wilayah udara militer AS. Sumber: Space.com

× Image