Home > Pertahanan

10 Fakta Pesawat Antariksa X-37B AS, Misi Misterius dan Berbau Permusuhan

Militer AS pernah sesumbar X-37B bisa membuat Rusia dan China frustasi.
X-37B setelah mendarat di Kennedy Space Center NASA pada 12 November. Gambar: Boeing/US Space Force
X-37B setelah mendarat di Kennedy Space Center NASA pada 12 November. Gambar: Boeing/US Space Force

ANTARIKSA -- Pesawat mata-mata X-37B tanpa awak Departemen Pertahanan AS adalah salah satu pesawat ruang angkasa yang menarik perhatian. Ia menerbangkan misi rahasia yang tujuannya belum diketahui sepenuhnya. Namun selama bertahun-tahun, informasi tentang pesawat yang juga dikenal sebagai Orbital Test Vehicle (OTV) itu telah terungkap secara tidak sengaja.

Berikut ini adalah 10 fakta tentang pesawat antariksa X-37B yang diketahui:

Spesifikasi dan kemampuan

X-37B dapat digunakan kembali dan merupakan versi lebih kecil dari salah satu pesawat ulang-alik NASA yang sudah pensiun. X-37B awalnya dibangun oleh NASA pada tahun 1999. Panjangnya sekitar 8,8 meter dan tingginya 2,9 meter, dengan lebar sayap kurang lebih 4,6 meter. Beratnya 11.000 pound atau 4.990 kilogram saat berada di landasan peluncuran.

Seperti pesawat luar angkasa umumnya, X-37B lepas landas secara vertikal dan didorong oleh roket. Begitu berada di orbit, ia bisa bermanuver sendiri, dan akhirnya mendarat di landasan pacu di Bumi seperti pesawat konvensional.

Robot ini memiliki kapasitas muatan yang kecil, kira-kira seukuran bak truk pikap, memungkinkannya membawa peralatan dan satelit. Menurut pabrikannya, Boeing, X-37B beroperasi pada ketinggian antara 150 dan 500 mil atau 240 hingga 805 kilometer di atas Bumi.

Diambil alih Angkatan Luar Angkasa AS

Menurut Space.com, NASA telah mengirim dua pesawat X-37B ke Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) Pentagon pada tahun 2004. Setelah dioperasikan oleh Angkatan Udara AS selama bertahun-tahun, pesawat mata-mata itu berada di bawah lingkup Angkatan Luar Angkasa AS yang baru didirikan pada tahun 2020.

Misinya sangat misterius...

× Image